Minggu, 28 Juli 2013

HUKUM GRAVITASI DAN MASA KANAK-KANAK





Apa esensi yang kita nanti ataupun yang seharusnya kita dapatkan ketika berada dalam sebuah proses bersama dengan banyak manusia? Disinilah kelemahanku. Kecenderungan untuk selalu bertanya-tanya soal sebuah esensi namun melupakan langkah-langkah yang harus ditempuh dalam perjalanannya. Dan tulisan kali ini ku mulai dari ke-gegabahan-ku, ku mulai dari kelemahanku.
Ini adalah sebuah kesengajaan, sehingga tulisan ini mengandung banyak sekali pertanyaan-pertanyaan dan aku menjadi seseorang yang cerewet menurut beberapa orang. Itu bukan persoalan karena, menurutku, terkadang di satu masa seseorang harus menjadi cerewet dan banyak bertanya karena jika tidak kita tidak akan menemukan Apa esensi dari proses ini, Mengapa aku, kamu, dan semuanya melakukan hal ini, Dimana harus mencari jawabannya, Bagaimana cara untuk menemukan inti dari semuanya, dan Kapan aku bisa mengetahui esensi dari proses ini, dan yang lebih penting adalah Kapan bisa kutemukan esensi dari “dirimu”. Sederhana saja, aku hanya menggunakan metode 5W 1H untuk mencari dan menjawab semuanya. Cerewet, tapi sederhana. Dan sekedar pengingat, akan lebih baik jika yang kebetulan membaca tulisan ini memposisikan diri sebagai orang pertama, konseptor, penyimpul, penggagas, atau apapun istilahnya.
Sebagai bagian dari awal tulisan, kita akan berbicara tentang proses alam dan hal yang manusiawi, yaitu keterkaitan antara proses gravitasi alam dan masa awal dari ke-manusiawi-an manusia dimulai – pertanyaan yang muncul pada masa kanak-kanak. Apa relasi antara gravitasi alam dengan masa kanak-kanak?
Hukum gravitasi, sederhananya adalah sesuatu yang memiliki daya lebih besar akan menarik sesuatu yang punya daya lebih kecil. Ataupun sebaliknya, dimana sesuatu yang kecil akan tertarik pada sesuatu yang lebih besar. Kaitannya dengan tujuanku dalam tulisan ini, gamblang saja, aku akan menarik sesuatu. Anggap saja masa kanak-kanak merupakan “gravitator”nya.
Mengapa masa kanak-kanak? Karena pada usia kanak-kanak kita memiliki banyak pertanyaan. Ketika dewasa, manusia sering kali menjadi enggan bertanya dan sedikit sok tahu tentang perasaan orang lain. Padahal, dalam beberapa hal, khususnya untuk sesuatu yang melewati proses kerja-sama, pertanyaan-pertanyaan sama seperti air yang akan mengisi jalur irigasi agar padi bisa tumbuh dan manusia bisa makan nasi. Dan orang-orang dewasa-lah yang kemudian membunuh insting bertanya pada anak-anak dengan memberikan jawaban-jawaban dangkal dan kemarahan. Padahal, masa kanak-kanak adalah awal dari hidup manusia, memiliki daya tarik yang besar, namun terlupakan. Aku tidak menyalahkan kedewasaan secara keseluruhan, karena dewasa juga merupakan proses yang manusiawi.
“Ibu, itu apa?”
“Yah, kok daun warnanya hijau, ya?”
“Bang, ini cara mainnya gimana, ya?”
“Om, kapan oom lahir?”
“Nte, air terjun Niagara itu dimana, ya?”
Kurang lebih seperti itulah pertanyaan anak-anak, sederhana tapi cerewet, dan tentusaja penting. Orang-orang dewasa jarang sekali memaknai pertanyaan-pertanyaan seperti diatas sebagai sesuatu yang sederhana dan penting, kecuali cerewet. Maka harus dibatasi. Pembatasan yang dilakukan oleh orang-orang dewasa ternyata memiliki dampak yang sangat fatal tanpa disadari oleh mereka. Karena pembatasan tersebut bukan hanya menghilangkan beberapa pertanyaan saja, namun juga membunuh salah satu sisi manusiawi pada seorang individu, yaitu keberanian untuk mengkritisi. Padahal pada awalnya manusia adalah makhluk yang cerewet dan bawel.
Pemaknaan yang salah atas pertanyaan anak-anak sekiranya harus diperbaiki, orang dewasa seharusnya tidak jengkel atas pertanyaan bawel yang muncul dari mulut anak-anak, melainkan mengasah pertanyaan itu agar menjadi lebih tajam. Pada akhirnya, manusia tidak lagi harus memulai bahkan mengenal sikap kritis ketika dibangku SMA atau kuliah, dan yang lebih menyedihkan lagi adalah apabila nantinya hal tersebut mati sama sekali.
Menilik kembali ke pertanyaan di awal tulisan ini, pertanyaan tersebut muncul akibat dari pemaknaan yang salah oleh karena itu terlalu luas dan terlalu cepat. Pertanyaan tersebut tidak mengiris tipis buah kentang karena pisau yang digunakan tidak pernah diasah dan seharusnya buah kentang yang dapat dibagi menjadi banyak hanya menjadi sedikit. Karena sebuah kesimpulan bukan untuk di pertanyakan, melainkan diciptakan dari pertanyaan-pertanyaan kecil dalam keseharian.
Mau tidak mau, suka tidak suka, “pisau” tersebut harus sering di asah agar dapat mengiris buah kentang menjadi lebih banyak. Dengan kata lain, seorang manusia mesti banyak bertanya agar dapat merinci peristiwa yang dapat dikritisi, walaupun dengan harus “menjadi anak-anak lagi”. Sebagai konseptor, mempertanyakan esensi dari sesuatu yang sudah dibangun oleh dirinya sendiri menggambarkan adanya logika yang terbalik. Sekali lagi kita tarik kembali ke masa kanak-kanak, dimana pada masa itu sebelum kita menyimpulkan bahwa daun warnanya hijau kita akan memberikan pertanyaan-pertanyaan terlebih dahulu. Apakah itu? Kok bisa gitu ya? dan pertanyaan-pertanyaan lain, sampai akhirnya kita dapat memberi tanda pada suatu objek. Bahwa yang menempel di pohon dan berwarna hijau itu namanya adalah daun. Mekanisme yang sangat sederhana sekali.
Namun kecenderungan orang-orang dewasa terhadap pertanyaan anak-anak adalah langsung memberitahukan bahwa yang menempel di pohon itu adalah daun, tanpa menjawab pertanyaan yang muncul berikut-berikutnya lalu menyumpal mulut anak-anak dengan es krim dan permen agar tidak bertanya lagi. Sehingga anak-anak cuma bisa mengunyah dan terbiasa disuap ketika muncul hasrat untuk mengkritisi. Tak dapat dipungkiri lagi mental yang terbentuk dari anak-anak adalah mental pragmatis dan ketika menjadi dewasa mereka hanya bisa mengunyah dan mengunyah. Manusia telah kehilangan apa yang disebut sebagai proses dari masa anak-anak.
Norma, adat, agama, dan batasan-batasan yang diciptakan oleh manusia adalah bukti bahwa manusia diarahkan menuju hidup yang pragmatis. Tuhan dijadikan landasan dari terciptanya norma, adat, dan agama, lalu disisipkan ke dalam jiwa dan pikiran manusia dengan pemaknaan tunggal, bahwa Tuhan tak dapat di kritisi, jadi norma, adat, dan agama juga tidak bisa dikritisi. Padahal, menurutku, jauh di dalam hati manusia selalu bertanya-tanya kepada dan mengenai Tuhan. Untuk itulah kemudian orang-orang yang malas berpikir menciptakan norma, adat, dan agama sebagai jalur untuk melarikan diri dari pertanyaan-pertanyaan sederhana dan ke-cerewet-an manusia. Hal itu sama saja dengan menghancurkan gravitasi bumi dan akhirnya bumi tidak lagi menjadi planet yang unik dan berbeda dari planet-planet lain di alam semesta, semuanya menjadi nihil.
Manusia yang hidup dalam realitas memiliki daya gravitasi dan menjadi “anak-anak” adalah tempat manusia menginjakkan kakinya. Walaupun setiap manusia bercita-cita dapat menggapai langit, namun gravitasi agar bisa menginjakkan kaki di bumi merupakan sebuah signifikasi atau penanda bahwa manusia itu hidup. Karena, kecuali bumi, dari Merkurius hingga Saturnus tidak ada gravitasi, oleh karena itu disana tidak ada kehidupan, alias nihil.
Lembaga-lembaga seperti sekolah, kampus, karang taruna, atau organisasi-organisasi pemuda merupakan mediasi untuk melatih dan menyalurkan keberanian dan sifat kritis individu. Dengan catatan, tidak ada pihak yang mendominasi dan otoriter di dalam lembaga-lembaga atau organisasi tersebut. Dimana setiap individu memiliki hak yang sama dalam hal melakukan kritik.
Sebab, terkait dengan kerja dalam organisasi, sifat kritis sangat berguna dan dapat memberikan dampak positif dalam hal pemahaman akan proses kerja organisasi. Yang tentunya juga berbuntut pada tingkat keberhasilan dari kerja organisasi itu sendiri. Kurangnya sikap kritis dalam kerja organisasi merupakan salah satu masalah yang cukup penting untuk dimafhumi dan diperbaiki. Metode yang telah dipaparkan sebelum ini mengenai “proses gravitasi dan masa kanak-kanak” barangkali dapat menjadi bahan renungan dan – semoga saja – layak menjadi pembelajaran dalam hal mengatasi ketakutan-ketakutan untuk mengkritisi sehingga pisau yang tumpul-pun dapat menjadi tajam kembali seperti pada masa kanak-kanak dan bekerja sesuai dengan fungsinya.